CALL CENTER (Tidak Menerima SMS):

Bpk Drs. Asnan, MM. (Waka Kesiswaan): 081373043989 (Telp)

Bpk Aminuddin, M.Pd. (Waka Kurikulum): 085273530587 (Telp)

Bpk Meditha Rhoman, SE., MM (Staff): 085266632748 (Telp / Whatsapp)

———————————–update informasi 30 Maret 2017———————————-

Update History:

30-03-2017 Perubahan syarat verifikasi
27-03-2017 Perubahan jadwal, ketentuan dan syarat verifikasi berkas untuk jalur C (Tes Tertulis)
24-03-2017 Penambahan link video tutorial pendaftaran online
23-03-2017 1. Pengumuman Hasil Seleksi untuk jalur A dan B (PMPA dan PMPnA) silahkan KLIK DISINI

2. Perubahan tanggal daftar ulang, wawancara dan pengukuran seragam sekolah bagi yang lulus seleksi jalur A dan B dari tanggal 24-25 Maret menjadi Senin, 27 Maret 2017

03-03-2017 1. Perubahan tanggal tes menjadi tanggal 22 April 2017 dan pengambilan nomor tes menjadi tanggal 21 April 2017

2. Download Kelengkapan Berkas, Formulir dan Surat Pernyataan diaktifkan

06-02-2017 Perubahan jadwal PPDB mengikuti jadwal Provinsi

————————————————————————————————————–

Berdasarkan hasil rapat MKKS SMA se-Provinsi Sumatera Selatan di Palembang pada tanggal 6 Februari 2017, tentang pelaksanaan PPDB SMA Unggulan se- Sumatera Selatan, maka dikeluarkan Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Nomor : 420/2318/PM/Disdik.SS/2017 pada tanggal 7 Februari 2017 oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

Sehubungan dengan hal tersebut akan dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut :

[spoiler name=”Jalur A dan B sudah ditutup”]

A. Melalui Jalur Penelusuran Minat dan Potensi Akademik (PMPA).

Jalur ini bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa yang berasal dari SMP / MTs Wilayah Provinsi Sumatera Selatan, yang mempunyai kecerdasan dan prestasi lain (O2SN, karya tulis ilmiah).

Siswa yang diterima melalui jalur ini harus memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut :

  1. Menduduki peringkat 1, 2, dan 3 Umum Sekolah di kelas VII, VIII dan IX dibuktikan dengan surat keterangan yang menunjukkan prestasi akademik dari kepala sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.
  2. Calon peserta datang ke SMA Unggul Negeri 4 Lahat dan menyerahkan fotokopi rapor kelas VII, VIII dan kelas IX semester 1 yang telah dilegalisasi kepala sekolah masing-masing sebanyak 1 (satu) rangkap.
  3. Menyerahkan fotokopi piagam prestasi akademik dan serfikat kursus Bahasa Inggris dan lomba Olimpiade (jika ada) pada saat SMP/MTs.

B. Melalui Jalur Penelusuran Minat dan Potensi Non-Akademik (PMPN-A).

Jalur ini bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa yang berasal dari SMP / MTs Wilayah Provinsi Sumatera Selatan, yang mempunyai kecerdasan dan prestasi lain di bidang olahraga, seni budaya/prakarya, dan bidang keagamaan (FLS2N).

Siswa yang diterima melalui jalur ini harus memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut :

  1. Menduduki 10 besar peringkat kelas dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.
  2. Calon peserta datang ke SMA Unggul Negeri 4 Lahat dan menyerahkan fotokopi piagam prestasi Non-Akademik tingkat Kab/Prov/Nas di bidang Olahraga dan seni budaya/prakarya dan bidang keagamaan (FLS2N) yang sifatnya individual yang telah dilegalisasi kepala sekolah masing-masing sebanyak 1 (satu) rangkap.
  3. Menyerahkan piagam prestasi akademik dan serfikat kursus Bahasa Inggris dan lomba FLS2N (jika ada) pada saat SMP/MTs.

 

Prosedur dan ketentuan pendaftaran melalui jalur A dan B adalah sebagai berikut:

  1. Penyerahan berkas pendaftaran mulai tanggal 13 – 16 Maret  2017 pada jam kerja, yaitu pukul 08.00 – 13.00 WIB (secara kolektif atau individu)
  2. Pengumuman hasil seleksi berkas administrasi pada tanggal 23 Maret 2017, dapat dilihat di papan pengumuman SMA Unggul Negeri 4 Lahat dan Website: https://sman4lahat.sch.id.
  3. Daftar ulang, wawancara dan pengukuran seragam sekolah bagi yang memenuhi persyaratan administrasi dilaksanakan pada hari Senin tanggal 27 Maret 2017 dengan membawa dan melengkapi persyaratan seperti pada butir C.6.1 dibawah).
  4. Bagi yang tidak lulus jalur PMPA Akademik dan Non-Akademik harus mendaftar ulang secara online pada tanggal 30 Maret s.d 4 April 2017 untuk mengikuti tes mandiri (tes tertulis).

[/spoiler]

 C. Melalui Jalur Tes Mandiri (Tes Tertulis) dengan persyaratan :

  1. Pendaftaran tes tertulis / tes mandiri tanggal 30 Maret s.d 8 April 2017 (Pendaftaran Online dan Pencetakan Bukti Pendaftaran Website : https://sman4lahat.sch.id/ppdb

    VIDEO TUTORIAL PENDAFTARAN ONLINE

  2. Syarat-syarat pendaftaran :
  • Rata-rata nilai rapor kelas VII Semester 1 sampai dengan Kelas IX Semester 1 untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia minimal 75,00 (Tujuh Puluh Lima Koma Nol Nol).

  • Bagi sekolah-sekolah yang memiliki kelas unggulan, siswa yang berada di kelas unggulan diperbolehkan mengikuti seleksi tes tertulis tanpa melihat nilai rata-rata rapor seperti pada point (a) di atas dengan melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah.
  1. Verifikasi/Validasi dan Finalisasi Berkas

Verifikasi/validasi dan finalisasi berkas dilaksanakan pada tanggal 31 Maret s.d 8 April 2017 (Senin-Jum’at 08.00-15.30 WIB | Sabtu 08.00-13.30 WIB)

dengan ketentuan:

Jadwal Verifikasi Berkas (Datang ke SMAUN 4 Lahat):

No Pendaftaran 1-100, Jum’at, 31 Maret 2017
No Pendaftaran 101-200, Sabtu, 1 April 2017
No Pendaftaran 201-300, Senin, 3 April 2017
No Pendaftaran 301-400, Selasa, 4 April 2017
No Pendaftaran 401-500, Rabu, 5 April 2017
No Pendaftaran 501-600, Kamis, 6 April 2017
No Pendaftaran 601-700, Jum’at, 7 April 2017
No Pendaftaran 701-dst, Sabtu, 8 April 2017

Syarat yang harus dilengkapi dan dibawa saat verifikasi sebagai berikut :

  • Membawa rapor asli dan menyerahkan fotokopi rapor kelas VII, VIII dan kelas IX semester 1 yang telah dilegalisasi kepala sekolah masing-masing sebanyak 1 (satu) rangkap.
  • Menyerahkan fotokopi piagam prestasi akademik dan non akademik serta sertifikat kursus Bahasa Inggris yang diisikan pada saat pendaftaran online (jika ada)
  • Menyerahkan bukti cetak pendaftaran online.
  • Calon siswa yang tidak melakukan verifikasi/validasi dan finalisasi berkas dinyatakan batal untuk mengikuti tes tertulis / tes mandiri.
  • Siswa yang telah mengumpulkan berkas persyaratan di SMA Unggul Negeri 4 Lahat sebelum tanggal 30 Maret 2017 diwajibkan mendaftar secara online untuk mendapatkan bukti cetak pendaftaran.
  • Berkas yang sudah dikumpulkan tidak bisa di ambil lagi dan menjadi arsip SMA Unggul Negeri 4 Lahat.

 

  1. Pelaksanaan tes mandiri / tes tertulis hari Sabtu, 22 April 2017
  • Mata pelajaran yang diujikan meliputi : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.
  • Pengambilan nomor tes dan pengecekan ruangan tes hari Jum’at tanggal 21 April 2017 pada jam kerja di kantor SMA Unggul Negeri 4 Lahat (dari pukul 08.00 s.d 15.00 WIB).
  • Lembar Jawaban Tes menggunakan LJK (membawa perlengkapan seperti papan LJK, pensil 2B, dll)
  • Sistem Penilaian berdasarkan perolehan jumlah nilai seluruh mata pelajaran yang diujikan dengan menggunakan scanner LJK
  • Jadwal pelaksanaan tes :

  1. Pengumuman hasil tes tertulis pada hari SABTU, 22 April 2017 pukul 20.00 WIB dapat dilihat di papan pengumuman SMA Unggul Negeri 4 Lahat dan Website : https://sman4lahat.sch.id
  2. Bagi peserta tes yang dinyatakan lulus jalur PMPA (Akademik dan Non-Akademik) dan tes mandiri/tes tertulis wajib:

C.6.1.  Mengikuti wawancara dengan didampingi orang tua/wali.

a. Materi wawancara :

  1. Penelusuran Bakat dan Minat.
  2. Pemilihan jurusan IPA/IPS.

b. Syarat wawancara sebagai berikut :

  1. Melampirkan data pribadi siswa yang sudah diisi dengan lengkap dan benar sebanyak 1 rangkap
    1. Kelengkapan Siswa Download
    2. Formulir Download
  2. Melampirkan surat pernyataan kesanggupan menaati segala ketentuan yang berlaku di SMA Unggul Negeri 4 Lahat sebanyak 1 lembar.
    3. Surat Pernyataan Download
  3. Melampirkan tanda pengenal ujian ASLI
  4. Melampirkan fotokopi Ijazah SD sebanyak 1 lembar.
  5. Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar.
  6. Melampirkan KTP orang tua/wali sebanyak 1 lembar.
  7. Melampirkan fotokopi rekening listrik dan atau bukti pembayaran sewa rumah tiga bulan terakhir, Jika rekening listrik menggunakan pembayaran elektrik/pulsa, maka dapat Anda cetak pada saat pembelian pulsa elektrik.
  8. Melampirkan surat keterangan tidak menderita penyakit kronis (Asma, Diabetes, Jantung, dll) dari rumah sakit pemerintah/puskesmas sebanyak 1 lembar.
  9. Melampirkan fotokopi kartu tes golongan darah sebanyak 1 lembar.
  10. Melampirkan Surat Keterangan penghasilan (atau slip gaji) dan/atau Surat Keterangan Kurang Mampu dari RT setempat (harus melengkapi salah satu) / KPS/KIP/PIP sebanyak 1 lembar.
  11. Materai 6000 sebanyak 2 buah
  12. Menyerahkan map kertas kambing sebanyak 4 buah Map warna MERAH untuk laki-laki dan warna BIRU untuk perempuan.
  13. Pas foto terbaru hitam putih :  2  x 3 sebanyak 2 lembar, 3  x 4 sebanyak 2 lembar
  14. Bagi yang diterima melalui jalur PMPA ( Akademik dan Non Akademik ) membawa piagam asli dan rapor asli pada saat wawancara.
  15. Apabila ditemukan adanya kebohongan/kecurangan atau pemalsuan dari berkas tersebut ataupun lampiran dokumen – dokumen, maka Panitia BERHAK MEMBATALKAN menjadi calon siswa SMA Unggul Negeri 4 Lahat.

C.6.2.  Pengukuran seragam sekolah sekaligus penyelesaian administrasi keuangan peserta didik baru dan pelaksanaan butir 6 di atas akan dilaksanakan pada hari Kamis dan Jum’at tanggal 27 April dan 28 April 2017 Pukul 08.00 s.d. 15.30 WIB untuk tes mandiri.

  1. Calon siswa yang dinyatakan lulus, tetapi tidak melaksanakan registrasi berkas sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka dinyatakan mengundurkan diri
  2. Siswa yang lulus seleksi PPDB SMA Unggul Negeri 4 Lahat tetapi tidak lulus Ujian Nasional ditingkat SMP/MTs tahun pelajaran 2016/2017, maka dinyatakan  GUGUR  menjadi calon siswa SMA Unggul Negeri 4 Lahat.

 

Demikian pemberitahuan kami. Atas perhatian Bapak/Ibu  kami ucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah,

ttd

Baslini, M.Pd.

NIP 19720712 199903 1 004

Tembusan Yth  :

  1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan
  2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat
  3. Ketua Dewan Pertimbangan Pendidikan Kabupaten Lahat
  4. Ketua Komite Sekolah