CALL CENTER (Tidak Menerima SMS):
Bpk Drs. Asnan, MM. (Waka Kesiswaan): 081373043989 (Telp)
Bpk Aminuddin, M.Pd. (Waka Kurikulum): 085273530587 (Telp)
Bpk Meditha Rhoman, SE., MM (Staff): 085266632748 (Telp / Whatsapp)
———————————–update informasi 30 Maret 2017———————————-
Update History:
30-03-2017 | Perubahan syarat verifikasi |
27-03-2017 | Perubahan jadwal, ketentuan dan syarat verifikasi berkas untuk jalur C (Tes Tertulis) |
24-03-2017 | Penambahan link video tutorial pendaftaran online |
23-03-2017 | 1. Pengumuman Hasil Seleksi untuk jalur A dan B (PMPA dan PMPnA) silahkan KLIK DISINI
2. Perubahan tanggal daftar ulang, wawancara dan pengukuran seragam sekolah bagi yang lulus seleksi jalur A dan B dari tanggal 24-25 Maret menjadi Senin, 27 Maret 2017 |
03-03-2017 | 1. Perubahan tanggal tes menjadi tanggal 22 April 2017 dan pengambilan nomor tes menjadi tanggal 21 April 2017
2. Download Kelengkapan Berkas, Formulir dan Surat Pernyataan diaktifkan |
06-02-2017 | Perubahan jadwal PPDB mengikuti jadwal Provinsi |
————————————————————————————————————–
Berdasarkan hasil rapat MKKS SMA se-Provinsi Sumatera Selatan di Palembang pada tanggal 6 Februari 2017, tentang pelaksanaan PPDB SMA Unggulan se- Sumatera Selatan, maka dikeluarkan Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Nomor : 420/2318/PM/Disdik.SS/2017 pada tanggal 7 Februari 2017 oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.
Sehubungan dengan hal tersebut akan dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut :
[spoiler name=”Jalur A dan B sudah ditutup”]
A. Melalui Jalur Penelusuran Minat dan Potensi Akademik (PMPA).
Jalur ini bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa yang berasal dari SMP / MTs Wilayah Provinsi Sumatera Selatan, yang mempunyai kecerdasan dan prestasi lain (O2SN, karya tulis ilmiah).
Siswa yang diterima melalui jalur ini harus memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut :
- Menduduki peringkat 1, 2, dan 3 Umum Sekolah di kelas VII, VIII dan IX dibuktikan dengan surat keterangan yang menunjukkan prestasi akademik dari kepala sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.
- Calon peserta datang ke SMA Unggul Negeri 4 Lahat dan menyerahkan fotokopi rapor kelas VII, VIII dan kelas IX semester 1 yang telah dilegalisasi kepala sekolah masing-masing sebanyak 1 (satu) rangkap.
- Menyerahkan fotokopi piagam prestasi akademik dan serfikat kursus Bahasa Inggris dan lomba Olimpiade (jika ada) pada saat SMP/MTs.
B. Melalui Jalur Penelusuran Minat dan Potensi Non-Akademik (PMPN-A).
Jalur ini bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa yang berasal dari SMP / MTs Wilayah Provinsi Sumatera Selatan, yang mempunyai kecerdasan dan prestasi lain di bidang olahraga, seni budaya/prakarya, dan bidang keagamaan (FLS2N).
Siswa yang diterima melalui jalur ini harus memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut :
- Menduduki 10 besar peringkat kelas dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.
- Calon peserta datang ke SMA Unggul Negeri 4 Lahat dan menyerahkan fotokopi piagam prestasi Non-Akademik tingkat Kab/Prov/Nas di bidang Olahraga dan seni budaya/prakarya dan bidang keagamaan (FLS2N) yang sifatnya individual yang telah dilegalisasi kepala sekolah masing-masing sebanyak 1 (satu) rangkap.
- Menyerahkan piagam prestasi akademik dan serfikat kursus Bahasa Inggris dan lomba FLS2N (jika ada) pada saat SMP/MTs.
Prosedur dan ketentuan pendaftaran melalui jalur A dan B adalah sebagai berikut:
- Penyerahan berkas pendaftaran mulai tanggal 13 – 16 Maret 2017 pada jam kerja, yaitu pukul 08.00 – 13.00 WIB (secara kolektif atau individu)
- Pengumuman hasil seleksi berkas administrasi pada tanggal 23 Maret 2017, dapat dilihat di papan pengumuman SMA Unggul Negeri 4 Lahat dan Website: https://sman4lahat.sch.id.
- Daftar ulang, wawancara dan pengukuran seragam sekolah bagi yang memenuhi persyaratan administrasi dilaksanakan pada hari Senin tanggal 27 Maret 2017 dengan membawa dan melengkapi persyaratan seperti pada butir C.6.1 dibawah).
- Bagi yang tidak lulus jalur PMPA Akademik dan Non-Akademik harus mendaftar ulang secara online pada tanggal 30 Maret s.d 4 April 2017 untuk mengikuti tes mandiri (tes tertulis).
[/spoiler]
C. Melalui Jalur Tes Mandiri (Tes Tertulis) dengan persyaratan :
- Pendaftaran tes tertulis / tes mandiri tanggal 30 Maret s.d 8 April 2017 (Pendaftaran Online dan Pencetakan Bukti Pendaftaran Website : https://sman4lahat.sch.id/ppdb
VIDEO TUTORIAL PENDAFTARAN ONLINE
- Syarat-syarat pendaftaran :
- Rata-rata nilai rapor kelas VII Semester 1 sampai dengan Kelas IX Semester 1 untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia minimal 75,00 (Tujuh Puluh Lima Koma Nol Nol).
- Bagi sekolah-sekolah yang memiliki kelas unggulan, siswa yang berada di kelas unggulan diperbolehkan mengikuti seleksi tes tertulis tanpa melihat nilai rata-rata rapor seperti pada point (a) di atas dengan melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah.
- Verifikasi/Validasi dan Finalisasi Berkas
Verifikasi/validasi dan finalisasi berkas dilaksanakan pada tanggal 31 Maret s.d 8 April 2017 (Senin-Jum’at 08.00-15.30 WIB | Sabtu 08.00-13.30 WIB)
dengan ketentuan:
Jadwal Verifikasi Berkas (Datang ke SMAUN 4 Lahat):
No Pendaftaran 1-100, Jum’at, 31 Maret 2017
No Pendaftaran 101-200, Sabtu, 1 April 2017
No Pendaftaran 201-300, Senin, 3 April 2017
No Pendaftaran 301-400, Selasa, 4 April 2017
No Pendaftaran 401-500, Rabu, 5 April 2017
No Pendaftaran 501-600, Kamis, 6 April 2017
No Pendaftaran 601-700, Jum’at, 7 April 2017
No Pendaftaran 701-dst, Sabtu, 8 April 2017
Syarat yang harus dilengkapi dan dibawa saat verifikasi sebagai berikut :
- Membawa rapor asli dan menyerahkan fotokopi rapor kelas VII, VIII dan kelas IX semester 1 yang telah dilegalisasi kepala sekolah masing-masing sebanyak 1 (satu) rangkap.
- Menyerahkan fotokopi piagam prestasi akademik dan non akademik serta sertifikat kursus Bahasa Inggris yang diisikan pada saat pendaftaran online (jika ada)
- Menyerahkan bukti cetak pendaftaran online.
- Calon siswa yang tidak melakukan verifikasi/validasi dan finalisasi berkas dinyatakan batal untuk mengikuti tes tertulis / tes mandiri.
- Siswa yang telah mengumpulkan berkas persyaratan di SMA Unggul Negeri 4 Lahat sebelum tanggal 30 Maret 2017 diwajibkan mendaftar secara online untuk mendapatkan bukti cetak pendaftaran.
- Berkas yang sudah dikumpulkan tidak bisa di ambil lagi dan menjadi arsip SMA Unggul Negeri 4 Lahat.
- Pelaksanaan tes mandiri / tes tertulis hari Sabtu, 22 April 2017
- Mata pelajaran yang diujikan meliputi : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.
- Pengambilan nomor tes dan pengecekan ruangan tes hari Jum’at tanggal 21 April 2017 pada jam kerja di kantor SMA Unggul Negeri 4 Lahat (dari pukul 08.00 s.d 15.00 WIB).
- Lembar Jawaban Tes menggunakan LJK (membawa perlengkapan seperti papan LJK, pensil 2B, dll)
- Sistem Penilaian berdasarkan perolehan jumlah nilai seluruh mata pelajaran yang diujikan dengan menggunakan scanner LJK
- Jadwal pelaksanaan tes :
- Pengumuman hasil tes tertulis pada hari SABTU, 22 April 2017 pukul 20.00 WIB dapat dilihat di papan pengumuman SMA Unggul Negeri 4 Lahat dan Website : https://sman4lahat.sch.id
- Bagi peserta tes yang dinyatakan lulus jalur PMPA (Akademik dan Non-Akademik) dan tes mandiri/tes tertulis wajib:
C.6.1. Mengikuti wawancara dengan didampingi orang tua/wali.
a. Materi wawancara :
- Penelusuran Bakat dan Minat.
- Pemilihan jurusan IPA/IPS.
b. Syarat wawancara sebagai berikut :
- Melampirkan data pribadi siswa yang sudah diisi dengan lengkap dan benar sebanyak 1 rangkap
1. Kelengkapan Siswa Download 2. Formulir Download - Melampirkan surat pernyataan kesanggupan menaati segala ketentuan yang berlaku di SMA Unggul Negeri 4 Lahat sebanyak 1 lembar.
3. Surat Pernyataan Download - Melampirkan tanda pengenal ujian ASLI
- Melampirkan fotokopi Ijazah SD sebanyak 1 lembar.
- Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar.
- Melampirkan KTP orang tua/wali sebanyak 1 lembar.
- Melampirkan fotokopi rekening listrik dan atau bukti pembayaran sewa rumah tiga bulan terakhir, Jika rekening listrik menggunakan pembayaran elektrik/pulsa, maka dapat Anda cetak pada saat pembelian pulsa elektrik.
- Melampirkan surat keterangan tidak menderita penyakit kronis (Asma, Diabetes, Jantung, dll) dari rumah sakit pemerintah/puskesmas sebanyak 1 lembar.
- Melampirkan fotokopi kartu tes golongan darah sebanyak 1 lembar.
- Melampirkan Surat Keterangan penghasilan (atau slip gaji) dan/atau Surat Keterangan Kurang Mampu dari RT setempat (harus melengkapi salah satu) / KPS/KIP/PIP sebanyak 1 lembar.
- Materai 6000 sebanyak 2 buah
- Menyerahkan map kertas kambing sebanyak 4 buah Map warna MERAH untuk laki-laki dan warna BIRU untuk perempuan.
- Pas foto terbaru hitam putih : 2 x 3 sebanyak 2 lembar, 3 x 4 sebanyak 2 lembar
- Bagi yang diterima melalui jalur PMPA ( Akademik dan Non Akademik ) membawa piagam asli dan rapor asli pada saat wawancara.
- Apabila ditemukan adanya kebohongan/kecurangan atau pemalsuan dari berkas tersebut ataupun lampiran dokumen – dokumen, maka Panitia BERHAK MEMBATALKAN menjadi calon siswa SMA Unggul Negeri 4 Lahat.
C.6.2. Pengukuran seragam sekolah sekaligus penyelesaian administrasi keuangan peserta didik baru dan pelaksanaan butir 6 di atas akan dilaksanakan pada hari Kamis dan Jum’at tanggal 27 April dan 28 April 2017 Pukul 08.00 s.d. 15.30 WIB untuk tes mandiri.
- Calon siswa yang dinyatakan lulus, tetapi tidak melaksanakan registrasi berkas sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka dinyatakan mengundurkan diri
- Siswa yang lulus seleksi PPDB SMA Unggul Negeri 4 Lahat tetapi tidak lulus Ujian Nasional ditingkat SMP/MTs tahun pelajaran 2016/2017, maka dinyatakan GUGUR menjadi calon siswa SMA Unggul Negeri 4 Lahat.
Demikian pemberitahuan kami. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
Kepala Sekolah,
ttd
Baslini, M.Pd.
NIP 19720712 199903 1 004
Tembusan Yth :
- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan
- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat
- Ketua Dewan Pertimbangan Pendidikan Kabupaten Lahat
- Ketua Komite Sekolah